fbpx

Di Antaranya

Penulis : Asnawin Aminuddin

Mediakutim.com – Cukup sering kita baca berita yang di dalam kalimatnya terdapat kata “.. di antaranya..” (DI dan ANTARANYA harus dipisah, karena kata ANTARANYA menunjukkan tempat).

Makna kata “di antaranya” yaitu menunjukkan beberapa di antara sekian banyak, misalnya: “Dari 11 pemain Timnas PSSI yang jadi starter pada Pra Piala Dunia, dua di antaranya adalah pemain PSM Makassar.”

Kalau memang hanya dua orang yang akan disebutkan, maka tentu tidak cocok menggunakan kata, “.. di antaranya..”

Salah satu alinea berita yang dimuat sebuah koran harian terbitan Makassar, edisi Rabu, 14 Agustus 2019, tertulis seperti ini, “Hari ini ada dua kepala sekolah kita copot, diantaranya Kepsek SMA 1 dan SMA 5 Makassar,” ujar Irman, Selasa (13/8).

Kata yang cocok adalah “yaitu”, bukan “di antaranya.” (Sekali lagi, DI harus terpisah dengan ANTARANYA)

Mungkin ini memang ucapan langsung Irman Yasin Limpo selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, tapi reporter atau redaktur seharusnya mengoreksi atau mengubah kata yang salah, yakni kata “.. di antaranya..” menjadi “yaitu”.

Kalau kata yang salah itu tidak diubah, maka sebagian orang (pembaca berita) mungkin akan menganggapnya benar dan tidak ada masalah.

Mohon maaf ini hanya curhat pagi seorang pembaca, dan demi menulis curhat pagi ini, saya terpaksa menunda sejenak makan jalangkote sajian sarapan isteri tercinta di rumah, tapi susu coklat hangatnya sudah saya seruput setengahnya, ha..ha..ha..

Read Previous

PENDIDIKAN DAN PRILAKU POLITIK

Read Next

Kemerdekaan dan Menjaga Optimisme di Tengah Tantangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *