fbpx

Kemerdekaan dan Menjaga Optimisme di Tengah Tantangan

H.Irwan, S,IP,MP – Caleg Terpilih DPR-RI Dapil Kaltim

Mediakutim.com – Apakah kita masih ingat bersama proklamasi tanggal, 17 Agustus 1945? Ya ini adalah momentum bersejarah bangsa kita Indonesia. Pidato proklamasi dibacakan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Waktu itu merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia sejak berabad-abad terjajah. Hari itu, dengan gagah, riang gembira, dan kobar semangat para pemuda, tokoh bangsa, dan semua rakyat meneriakkan kalimat “merdeka”. Mereka yang kita maknai sebagai, bangsa Indonesia berhasil mengulung kelompok kolonial dari tanah air tercinta.

Perjuangan para pendiri bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan berlangsung selama berabad-abad disertai dengan pengorbanan jiwa dan raga. Hingga kemerdekaan itu akhirnya tercapai di 17 Agustus 1945. Perjuangan para pahlawan bangsa dan tokoh-tokoh proklamasi harus dijadikan contoh bersama oleh kita-kita semua pada generasi penerus bangsa untuk saling bahu-membahu membangun bangsa dalam kerangka besar persatuan bangsa.

Melalui tekad persatuan dan niat yang kokoh kukuh itu pula, bangsa ini bisa mewujudkan kesejahteraan untuk anak bangsa. Indonesia yang suku bangsanya dan kekayaannya beraneka ragam,

sehingga prinsip optimalisasi segenap keanekaragaman harus menjadi tujuan utama. Pada konteks ini, segenap kompenen bangsa harus didahalukan, yakni kepentingan rakyat dalam mencapai tujuan Negara yang sejahtera.

Tak terasa, kini kemerdekaan itu akan kita peringati kembali. Tepatnya nanti di tanggal, 17 Agustus yang beberapa hari lagi akan kita rayakan bersama. Usia 74 tahun kemerdekaan. Sebuah usia dengan rentan waktu yang cukup panjang. Setiap tahun seluruh lapisan masyarakat selalu merayakan hari kemerdekaan RI dengan beragam kegiatan dan perlombaan untuk memeriahkan kemerdekaan itu.

Read Previous

Di Antaranya

Read Next

Forum RT Desa Sangata Utara Turun Tangan Menggalang Dana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *