fbpx

Di Hari Kemerdekaan Kita Hanya Mampu Menguasai Tarik Tambang

Mediakutim.com – Sejak pagi,La Domeng sudah nongkrong di rumah Meong Palo. Nampak keduanya asik berdiskusi tentang “Kemerdekaan”.

“Kalau saya, kemerdekaan itu, ketika saya masih mampu mengatakan tidak kepada hal hal yang bertentangan dengan kata hatiku, yang bertentangan dengan kaidah dan norma norma yg dianut oleh masyarakat kita” Kata Meong Palo melanjutkan pendapatnya tentang arti kemerdekaan itu.

” Itu menurut kamu yang sok idealis” Kata La Domeng

” Ini bukan soal sok idealis Meng ? ini fakta. Bagaimana Kau bisa mengatakan dirimu merdeka, kalau Kau sendiri tidak mampu mengatakan kata tidak pada masalah yg bertentangan dengan prinsip prinsip kehidupan ini, yang bertentangan dengan Ideologi bangsa kita”. Kata Meong Palo

” Palo Palo…Tak usalah Kau ceramahi saya tentang prinsip hidup dan ideologi bangsa ini. Tu buktinya, banyak yang berani mengatakan tidak terkait korupsi, tahu tahunya korupsi juga. Malah ada yg dipenjara”.

” Kenapa begitu ? Karena mereka itu, tidak tulus mengatakan tidak pada korupsi. Karena tidak tulusnya itulah akhirnya mereka korupsi juga”. Tegas Meong Palo

La Domeng nampak merenung setelah mendengar kata kata Meong Palo, lalu berucap ” Ada benarnya juga kata kata kamu Meong Palo. Bisa jadi, akibat ketidakmampuan sebagian elite bangsa ini mengatakan tidak kepada pihak asing, sehingga sebagian besar tambang kita dikuasai oleh mereka. Misalnya Tambang Emas, Tambang Migas, Tambang Batu Bara. Lalu kita menguasai apa coba Palo ?”.

” Ya seperti di hari hari kemerdekaan sebelumnya, kita hanya mampu menguasai tarik tambang di hari kemerdekaan kita Meng ? ”

“Hahahahahahahaha” Tawa La Domeng Pecah.Seiring pecahnya sinar matahari yang mulai menyengat kota sangata.

(Om Wp–MK)

Read Previous

Forum RT Desa Sangata Utara Turun Tangan Menggalang Dana

Read Next

Setelah Sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *