fbpx

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DIGITAL

Oleh : Dr.Muslimin, M.Si

Mediakutim.co – Hampir semua aspek kehidupan terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik tidak bisa dilepaskan dari teknologi semua terkoneksi dengan teknologi atau digitalisasi pelayanan, cukup dengan smartpone, gadget, internet semua menjadi lebih mudah, efektif dan efesien. Ini tentu sangat baik karena dapat menghematbiaya, waktu dan tenaga.

Dibidang pendidikan juga tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan teknologi, saat ini sudah mulai diterapkan e learning yaitu pengajaran yang berbasis teknologi dimana pengajar dan siswa tidak perlu bertatap muka secara langsung, cukup melalui internet, smartpone, gadget semua dengan mudah dapat dilakukan dengan kecanggihan teknologi itu.

Tentu sistem ini perlu terus dikembangkan dengan menyeduaikan kondisi zaman dan sekaligus untuk dapat mengadopsi pendidikan karakter para generasi mudavsaat ini, sebab pendidikan karakter pada umumnya lebih efektif dengan tatap muka karena ada nilai nilai karakter yang mesti dipraktekkan dan diteladani oleh para siswa dalam melakukan aktivitas keseharian, tentu dengan bimbingan para guru.

Di era digital saat ini banyak sekali siswa siswa yang kecerdasannya diatas rata rata, beda dengan jaman dulu, anak anak sekarang melek dengan teknologi, penguasaan teknologi sangat baik, mereka rata rata sangat familiar dengan smartpone, gadget, internet dan aplikasi aplikasi teknologi yang lain. Namun tidak sedikit juga anak anak yang cerdas ini justru salah langka, karena kepintarannya justru di manfaatkan untuk hal hal negatif misal membuat aplikasi aplikasi negatif seperti virus, konten porno dan lain lain.

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan formal mempunyai suatu muatan beban yang cukup berat dalam melaksanakan misi yang berkaitan dengan nilai nilai kemanusiaan seperti pikiran,perasaan, kesehatan, kemauan,sosial dan bahkan keimanan atau kepercayaan.

Pendidikan yang sangat di butuhkan saat ini pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak ( kognitif,fisik,sosial, emosi,kreativitas dan spritual). Model pendidikan seperti ini beroreantasi pada pembentukan anak sebagai manusia yang utuh. Kualitas anak didik menjadi unggul tidak hanya dalam aspek kognitif, namun juga dalam aspek karakternya.

Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak yang mulia peserta didik secara utuh, terpadu, seimbang dan sesuai dengan standar kompetensi kelulusan.

Guru harus memberikan rasa aman dan keselamatan kepada peserta didik di dalam menjalani masa masa belajarnya. Moh. Surya(1997) berpendapat tentang peranan guru di sekolah :

1. Sebagai pekerja sosial(social worker),yaitu guru harus membetikan pelayanan kepada masyarakat,
2. Pelajar dan ilmuwanm yaitu seseorang yang senantiasa belajar secara terus menerus untuk mengembangkan penguasaan keilmuannya
3. Orang tua, artinya guru adalah wakil orang tua peserta didik bagi setiap peserta didik di sekolah
4. Model keteladanan, artinya guru sebagai model prilaku yang harus di contoh oleh peserta didik,

Pendidikan karakter di era digital saat ini sangat penting dan menjadi prioritas utama, tentu hal ini juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang di maksud adalah bagaimana pendidikan karakter itu di rencanakan, dilaksanakan, dan di kendalikan atau di evaluasi dalam kegiatan kegiatan pendidikan di sekolah secara memadai. Pengelolaan tersebut antara lain penanaman nilai nilai positif dalam diri siswa, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian, pendidik dan kompenen yang terkait.

Peserta didik merupakan generasi yang akan menentukan nasib bangsa di kemudian hari. Karakter peserta didik yang terbentuk sejak dini sangat menentukan karakter bangsa ini di kemudian hari. Karakter peserta didik akan baik manakala di bentuk dengan baik pula dalam proses belajarnya,yaitu dimana mereka mendapatkan ruang yang cukup untuk mengekspresiasikan diri secara leluasa.

Lalu bagaimana implementasi pendidikan karakter yang tepat di era digital saat ini,,.? karakter merupakan kegiatan untuk merealisasikan rencana menjadi tindakan nyata dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efesien sehingga memiliki nilai. Penerapan pendidikan karakter setidaknya dapat di tempuh melalui beberapa alternatif strategi secara terpadu (Novan Ardi Wiyani,2012:78) yaitu :

1. Mengintegrasikan seluruh mata pelajaran yaitu pengembangan nilai nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam setiap pokok bahasan dari setiap mata pelajaran,
2. Menerapkan keteladanan yaitu pembiasaan keteledanan dalam bentuk prilaku sehari hari dgn tindakan tindakan yang baik, misalnya disiplin,kebersihan,kerapian,kasih sayang, kesopanan,jujur dan kerja keras.
3. Pembiasaan rutin, yaitu pembinaan rutin dengan kegiatan sehari hari, misalnya upacara bendera, berdoa bersama,senam,dan bersih bersih lingkungan.

Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dan sungguh sungguh dari seorang guru kepada siswanya untuk mengajarkan nilai nilai kepada siswanya. Dan individu yang berkarakter baik adalah individu yang berusaha melakukan hal hal yang terbaik terhadap Tuhan, dirinya, sesamanya, lingkungan, bangsa dan negara serta dunia secara umum dengan mengoptimalkan potensinya.

Read Previous

Celoteh Antara Meong Palo, La Domeng dan Ketersediaan Obat Obatan Di Puskesmas Kutai Timur.

Read Next

Merdeka – Cerpen Karya Putu Wiajaya Episode 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *