fbpx

Personal Branding

Oleh Supriadi Asia

Mediakutim.com – Personal Branding adalah proses menawarkan diri ke masyarakat dengan membentuk dan mengkomunikasikan citra. Ada perbedaan mendasar antara pencitraan dan membangun citra, ini seperti perbedaan antara fiksi dan fiktif yang disampaikan oleh Bung Rocky Gerung. Membangun citra adalah sesuai dengan kondisi yang ada, jika pencitraan adalah cenderung menipu atau tidak sesuai dengan fakta.

Personal Branding adalah mereview atau mengamati diri, mencari dan membangun sisi baik sekaligus mengkomunikasikan ke masyarakat hal hal yang bermanfaat. Sehingga terbentuk image atau brand seseorang di masyarakat.

Bagaiman strategi membangung brand atau citra di masyarakat itu harus dipahami oleh seorang kandidat politik. Brand tersebut hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan pasar atau pemilih. Sebelum membentuk personal brand tentunya dipehamai atau diteliti dulu bagaimna kebutuhan pemilih atau bagaimana pemilih menyukai.

Karena penerapan personal branding bisa bermata dua, artinya jika salah bisa sangat merugikan calon jika benar akan mendukung calon.

Ada beberapa kita untuk membangun personal branding, yaitu:

-Personal Branding perlu terencana dan terpercaya, apabila tidak direncanakan dengan baik akibatnya juga tidak membentuk dengan baik. Tidak adanya rencana yang baik dalam personal branding, branding bisa berubah di tengah jalan dan akan merugikan kandidat.

-Membangun kepribadian yang positif, asset terbesar dalam personal branding adalah kepribadian. Seperti apa kepribadian ini dibentuk. Bagaimana membangun intrapersonal skill ( ketrampilan mengelola diri sendiri ) hingga interpersonal skill ( kemampuan membangun hubungan dengan orang lain ).

-Jadilah searchable dan presentable, searchable adalah mencari hal hal yang bermanfaat dimasyarakat lalu mempresentasikan kepada masyarakat yang memberikan manfaat pada masyarakat. Karena kesuksesan membangun brand tergantung bagaimana kita secara nyata bermanfaat di masyarakat.

-Gunakan content outreach jika di media sosial, content outreach adalah sebuah content atau isi berita / informasi yang sangat bermanfaat dan ada kemungkinan besar dibagikan kepada pihak lain. Dengan content outreach kita akan lebih cepat menjadi viral dan terbangun personal branding.

Berikut empat dari beberapa kiat personal branding. Untuk memberikan solusi personal branding anda, Biizaa membantu banyak para politisi untuk meningkatkan personal brandingnya. Dan tentunya bisa membangun anda ( pembaca )

Read Previous

Gus Dur dan Bintang Kejora

Read Next

Celoteh La Domeng – Menakar Kesiapan Pangan KALTIM & RPJMD Kita…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *