fbpx

Membongkar Kreativitas Penyelenggara Pemerintahan Desa

Oleh : Supriadi Asia

Untuk memajukan desa, kreativitas sangat penting. Karena untuk inovatif, harus dimulai dari kreatif. Dan sebenarnya setiap manusia memiliki kreativitas, namun masih terhalang oleh block mental, sehingga kurang berkembang dan terkesan kreativitas mati. Untuk itu kali ini biizaa akan menyampaikan bagaimana membongkar kreativitas penyelenggara pemerintahan desa, dalam hal ini Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

Untuk itu perlu kita pahami, tentang kreativitas ( creativity ). Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan dan menciptakan sesuatu yang baru ( belum ada ).

Bagaimana karakteristik kreatif?

Rasa ingin tahu, orang yang kreatif memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Mencari Cari Masalah, orang yang kreatif mencari masalah atau gap atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan tidak sama, antara yang seharusnya dan kondisi tidak sama, sehingga dengan mencari masalah, dia akan mencari solusinya.

Menikmati Tantangan, orang yang kreatif memiliki karakter suka mencari tantangan baru.
Optimis, orang yang memiliki kreativitas optimis akan apa yang dilakukan bermanfaat.
Imajinatif, memiliki imajinasi yang tinggi akan sesuatu.
Melihat masalah menjadi sebuah peluang.
Tidak menyerah dengan mudah.

Mengapa pemerintah desa membutuhkan kreativitas?

Agar mampu beradaptasi atau menyesuaikan dengan perubahan kondisi dan lingkungan. Sebagai contoh ada perubahan prioritas penggunaan anggaran, maka penyelenggara pemerintahan desa, segera memiliki kreativitas untuk menyesuaikan.

Untuk inovasi, pertumbuhan dan pembangunan, tanpa inovasi atau hal yang baru dan bermanfaat maka sulit ada pertumbuhan dan pembangunan. Dan semua itu dibutuhkan kretivitas.
Untuk menyelesaikan masalah di desa. Sebagai contoh perubahan masyarakat begitu cepat seiring dengan pengaruh informasi dan komunikasi, maka pemerintah desa perlu segera merespon dengan tindakan kreatif atas masalah perubahan tersebut.
Untuk menintkatkan kreativitas penyelenggara pemerintahan desa, yang utama personalnya memiliki karakter-karakter yang disebutkan di atas. Yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan pembangunan yang cepat di desa.

Read Previous

Berhasil Menjadi Anggota DPR RI,H.Irwan S.IP,.MP,Menyampaikan Ucapan Terimah Kasih Kepada Masyarakat Kalimantan Timur.

Read Next

Pemimpin Model Baru (Public Leader New Model)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *