fbpx

Pemimpin Model Baru (Public Leader New Model)

Mediakutim.com – Sering perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dibutuhkan pemimpin pemimpin publik baik Kepala Desa, Kepala Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat dan Hingga Presiden yang memiliki jabatan politis ( mengambil keputusan ) yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan di atas. Lalu bagaimana perubahan atau model baru yang dimaksud?..

Selama ini dalam pemilihan yang disampaikan visi, misi dan program atau gagasan untuk suatu daerah. Visi, misi dan program masih cenderung menggunakan sumberdaya lain, seperti keuangan, sumberdaya alam dan lain lain. Sehingga pemimpin publik terkesan hanya merencanakan dan mengeksekusi dimana masih di dukung oleh sumeberdaya sumberdaya lain. Variable visi, misi dan program saja, sepertinya kurang cukup untuk menilai seorang calon pemimpin publik. Tetapi perlu ditambahkan value ( nilai ). Jadi kesimpulannya adalah:

  • Visi
  • Misi
  • Nilai ( Value )
  • Program / Ide / Gagasan.

Lalu apa yang dimaksud dengan value ( nilai ) calon pemimpin. Pemimpin yang bernilai adalah pemimpin yang memiliki kapabilitas sebagai seorang pemimpin. Memiliki intrapersonal skill ( mengelola diri sendiri ) dan mengelola hubungan dengan pihak lain ( interpersonal skill ), problem solver dan visioner.

Mengingat pengaruh utama suatu kebijakan bukan karena visi, misi dan program melainkan nilai sumberdayanya. Attitude atau perilaku perlu sangat diperhatikan. Dan nilai atau manfaat apa yang diberikan dari dalam dirinya oleh seorang pemimpin publik harus tampak dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain nilai perilaku seperti kejujurannya / integitrasnya, juga pengetahuaannya, serta ketrampilannya dalam memimpin sebuah organisasi.

Oleh Supriadi Asia

Read Previous

Membongkar Kreativitas Penyelenggara Pemerintahan Desa

Read Next

Dewan Pimpinanan Cabang PDIP Kab.Kutai Timur Buka Penjaringan PILKADA 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *