fbpx

Celoteh La Domeng – Nda’ Urus…!!!

“Nda’ Urus…!” Teriak Meong Palo di teras rumah La Domeng

“Apalagi maksudmu,dengan kata kata itu,Palo” Tanya Busu Koer ,yang sempat kaget mendengar teriakan Meong Palo.

“Ulun ini,lagi kesal Meng ? Masa Ulun ini dikesahkan,handak menhabisi duit pak Haji,nang handak jadi pambakal Di kampung kita ini.” Ujar Meong Palo,dengan bahasa Banjarnya yang baru beberapa bulan dipelajarinya dari Yadi batu,kemanakan La Domeng yang dari Martapura Kalimantan Selatan.

” Kesal sih kesal Meong Palo.Tapi tak usalah Kau berdialek Banjar.Saya kuatir,nanti lidahmu blepotan,yang mengakibatkan bahasa banjarmu,bercampur dengan bahasa bugis,” Kata Busu Koer,mengingatkan Meong Palo yang sudah terbiasa berbahasa banjar bercampur bahasa bugis….”Bahasa Indonesia sajalah.Biar orang ngerti apa yang membuat dirimu kesal”.

” Begini Busu…! Dua hari yang lalu,kakak perempuan saya,si Ina Ni Keke,bertemu kawannya di pantai kenyamukan.Kawannya itu,menceriterakan ceritera kawannya,kalau saya ini diisukan orang akan menghabisi uang Pak Haji Leman,yang mau menjadi kepala desa di kampung kita ini”.

” Hoalaaaaaa Palo…! baru isu begitu, sudah membuatmu kesal galau merana. Cuekin sajalah.Yang penting Kau tidak seperti apa yang diisukan orang.Lagian Kau kan sudah bertahun tahun bekerja sama Pak Haji,mengelolah penggilingan padinya. Apakah selama Kau bekerja itu,ada berita kalau Kau mengambil beras pak Haji secara diam diam, tidak kan ? Jangan ngambil berasnya,ngambil dedaknya pun secara diam diam,Kau tak berani, Apalagi mau menghabisi uang Haji Leman.”Celutuk La Domeng dari balik teralis pagar rumahnya.

” Nah itu Dia Meng.Tega betul orang itu,menyebar isu,”kata Meong Palo,sambil matanya menerawang ke atas langit.

” Namanya Isu,tidak usalah terlalu dirisaukan.Boleh saja,temannya teman kakakmu itu,lagi ditimpah keirian karena tidak bisa mendekat ke Haji Leman. Padahal kita juga tahu,kalau H.Leman tidak pernah menutup diri dari orang lain. Yg saya justru kuatirkan,orang yang mengisukan kamu itu,justru punya niat untuk menghabisi uang Haji Leman. Dalam ilmu psykologi,dikenal dengan nama teori proyeksi. Artinya,dengan tidak sengaja orang itu,memproyeksikan dirinya sama dengan Kau Meong Palo. Dalam pribahasa,kita biasa menyebutnya mengukur baju di tubuh orang lain,” Ucap Busu Koer menimpali kata kata Meong Palo.

” Seandainya saya diisukan begitu,paling saya ngomong NDA’ URUS atau PIKIRKAN KAH ” Lagi lagi La Domeng teriak sambil mendekati Meong Palo dan Busu Koer.

” Nah…Apa yang dikatakan oleh La Domeng Itu benar Palo. NDA’ URUS.” Ucap Busu Koer

Busu Koer dan La Domeng,saling pandang pandangan,kemudian mereka berdua,mengolok-olok Meong Palo dengan ucapan ” Meong Palo….! Kasihan deh Loe ? ”

Ketiga sahabat itu,kemudian tertawa, lalu ngomong bersamaan ” NDA’ URUS…!!!”.

(at-mk)

Read Previous

Mendukung H.Kinsu Maju DI PILKADA Kutai Timur 2020, DPC FMPP_KT Teluk Pandan,Mulai Berbenah Diri.

Read Next

Kesabaran Seorang Istri , Keajaiban Doa Dan Kesabaran (bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *