fbpx

MENANTI ASA DI ” RUMAH RAKYAT “

Oleh : Dr. Muslimin, M.Si

Mediakutim.com – Pemilu legislatif tahun 2019 sudah usai dan penetapan calon calon anggota legislatif sudah di lakukan bahkan di beberapa daerah sudah di lantik dan di ambil sumpahnya. Dan itu artinya para wakil rakyat ini sudah resmi melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjalankan amanah yang dipercayakan kepadanya.

Tentu amanah yang di bebankan kepada mereka sangatlah penting, sehingga tidak salah jika rakyat sudah mewanti wanti dengan pesan pesan yang tegas. Pesan tegas dari para pemilih, yaitu rakyat menghendaki agar amanah yang diberikan kepada mereka sungguh sungguh dijalankan dengan baik, janji janji politik yang pernah disampaikan sungguh sungguh di realisasikan, sebab jika tidak maka tentu ada ‘hukuman’ dari rakyat kepada mereka, kepada partai politik dengan tidak akan memilih pada periode berikutnya dan tidak mempercayainya lagi.

Di alam demokrasi sekarang ini semua orang memiliki hak yang sama untuk dipilih dan memilih, seorang cendekia, guru besar, pengusaha, teknokrat tentu sama suaranya dengan seorang petani, nelayan dan lain lain. Satu orang satu suara tanpa melihat status sosial, kedudukan, pangkat atau jabatan semua sama. Suara rakyat itu tentu berimpilikasi pada perubahan, dapat menentukan arah kebijakan termasuk dapat menentukan pilihan pemimpin dan wakil wakilnya di parlemen.

Meskipun konteks demokrasi seperti itu,memberikan kebebasan penuhbkepada rakyat untuk menentukan hak politiknya dalam memilih pemimpin dan wakilnya di parlemen,tetapi bukan berarti tidak terjadi kecurangan dan manipulasi didalamnya, justru kebebasan dalam demokrasi itu banyak yang salah memaknainya bahkan salah mempraktekkannya, salah satunya maraknya jual beli suara, terjadinya manipulasi suara bahkan terjadinya persengkongkolan dan kanibalisme.

HARAPAN KEPADA WAKIL RAKYAT

Sudah lama rakyat merindukan figur figur anggota parlemen kumpulan orang orang hebat yang berintegritas, namun harapan itu selalu kandas, diawal kelihatan wajah wajah yang penuh harapan dan optimisme, tapi malah wajah harapan itu seperti topen yang mengelabui rakyat, kasus kasus korupsi yang di tangani penegak hukum dengan keterlibatan para wakil rakyat itu menjadi indikator penting bahwa mereka tidak mampu menjaga amanah dengan baik bahkan menghianatinya.

Beberapa harapan yang menjadi keinginan rakyat kepada wakilnya di parlemen, pertama. Para wakil rakyat ini benar benar menempatkan dirinya sebagai wakil rakyat, bekerja dengan sungguh sungguh dan penuh kesadaran bahwa keberadaannya di gedung yang terhormat itu memang sebagai perwakilan rakyat, menyambungkan aspirasi dan keinginan keinginan rakyat untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik, kedua. Bisa lebih kritis dan profesional dalam menjalankan fungsi fungsi legislasi, fungsi fungsi pengawasan dan fungsi fungsi budgeting, ketiga. Menjaga selalu integritasnya, mengedepankan nuraninya dalam bekerja dan menjauhkan diri dari prilaku prilaku korup, ini penting agar kepercayaan rakyat bisa tetap terbangun dan amanah yang di berikan kepada mereka tetap bisa dijaga dengan baik.

Nurani para anggota Dewan sebaiknya sesuai dengan nurani rakyat yang diwakilinya, dengan mengedepankan kepentingan rakyat daripada kepentingan pribadi atau kelompoknya, ketika sudah berada dalam “rumah rakyat”maka sejatinya warnanya adalah warna rakyat, bukan warna warni seperti pelangi di senja hari.

Keteguhan hati para anggota dewan untuk memperjuangkan kepentingan rakyat ditengah dahsyatnya tantangan ekonomi global saat ini, merupakan langkah awal dan semua ini harus dilakukan dengan penuh ketenangan dan kehati hatian agar rakyat tidak gaduh yang ujungnya bisa memicu rasa khawatir dan ketakutan. Komunikasi menjadi hal yang penting dalam mencairkan suasana diantara keduanya agar anggota dewan dan rakyat yang memilihnya tidak berjarak dalam menghadapi tantangan itu.

Ikatan emosional diantara rakyat dan wakilnya tetap harus terjaga. Jangan sampai rakyat beranggapan bahwa demokrasi identik dengan democrazy yang lebih mengedepankan kegilaan ketimbang tanggung jawab untuk membangun kebersamaan dalam membangun negara ini.

Read Previous

H.KINSU Mendaftar Bakal Calon Bupati Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Kab Kutai Timur untuk Pilkada Kutim 2020

Read Next

Breaking News – Di Depan Istana Kambing Sangata,Kobaran Api Mengejutkan Warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *