fbpx

Dorong Nyemplung ke Danau (bagian II)

Ketika Prof.Dr.Basri Hasanuddin, M.A. menjabat Rektor Unhas, BJ Habibie berkunjung ke Unhas. Waktu itu dia masih menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi merangkap Kepala Badan Pengembangan dn Penerapan Teknologi (BPPT). Dia didampingi dua orang profesor. Seorang adalah Prof.Dr.Makaminan Makagiansar dan seorang lainnya, temannya yang akrab dia sapa “Mas Ahmad”.

Kedatangannya ke Unhas bermaksud menunaikan hajat kedua profesor. Kisahnya, Pak Makagiansar yang ketika itu menjabat Dirjen Pendidikan Tinggi dan Pak Amir yang menjabat Rektor Unhas, berjalan-jalan ke Universitas Paris III Prancis.

“Mir, kalau kamu bangun kampus baru, buat juga danau seperti ini, “tiba-tiba saja Pak Makagiansar berkata kepada Pak Amir saat melintas di dekat sebuah danau di kampus itu.

“Nanti, kalau danaunya sudah selesai, kita sama-sama nyemplung dalam pakaian kerja,” sambung Makagiansar, tanpa menunggu respons dari Pak Amir.

Sepuluh tahun berlalu, kisah kunjungan melintasi sebuah danau di Universitas Paris III, harus ditunaikan. Bertepatan dengan Prof.Basri Hasanuddin, hajat itu pun diwujudkan.
Empat guru besar menuju Danau Unhas. Tepat pada bagian di sebelah timur panggung di belakang Gedung Iptek Unhas sekarang, sudah terbangun jembatan kecil menjorok ke danau. Prof.Makagiansar, Pak Amir, dan Prof. Habibie bersama Prof.Basri melangkah di belakangnya. Tepat di dekat ujung papan jembatan, BJ Habibie yang tetap mengenakan topi bundar seperti ketika bertamu ke Unhas tahun 1974, mendorong Pak Makagiansar yang tangan kanannya memeluk Pak Amir di sebelah kanannya.

Boom….keduanya nyemplung ke danau, diawasi beberapa anggota SAR Unhas yang siaga satu dengan satu unit speedboat dengan mesin dalam posisi hidup guna berjaga-jaga. Momen ini saya abadikan selaku Kepala Humas Unhas seperti yang dimuat dalam buku 50 Tahun (1956-2006) Universitas Hasanuddin.

Read Previous

Dorong Dua Profesor Nyemplung Danau Unhas (Bagian I)

Read Next

Teater Rakyat Kondobuleng Tiba Di Kota Tepian Samarinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *