fbpx

Andi Jamaro Dulung :Melalui Seni dan Budaya,Mari Kita Redam Amarah Untuk Membangun Indonesia.

Pagelaran Seni ,Huma Betang ” Meredam Amarah Melalui Seni,Merajut Persaudaraan Sejati Membangun Indonesia” Kamis 17 Oktonber 2019 di TVRI Kalteng bersama Pengurus Besar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Andi Jamaro Dulung mengatakan ; Pegelaran budaya merupakan salah satu solusi bagaimana meredam amarah melalui kesenian. Dan melalui seni mari kita rajut keindonesiaan kita untuk membangun negeri ini.Kesenian Huma Betang adalah kolaborasi seni pertujukan tarian,yang dipimpin oleh dua suku besar yakni Sulswesi Selatan dan Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Suku Dayak.

“Kesenian dalam arti luas dapat menjalin keakraban yang luar biasa antar sesama anak suku bangsa sebagai modal sumberdaya manusia untuk membangun Indonesia.Dalam berkesenian,kita saling mengakui dan saling menghargai.Hal itu kita dapat saksikan,bahwa kehadiran suku Bugis Makassar di kalimatan tengah itu,sangat memberi arti terhadap pembangunan yang ada di Kalimantan Tengah.”papar Andi Jamaro.

Kemudian Andi Jamaro Menegaskan bahwa “Saya kira Kalimanatan Tengah ini,menjadi contoh dari seluruh Propinsi Indonesia. Bahwa kehidiran perantau, terutama Bugis Makassar datang untuk membangun negeri yang dia pijak.meskipun tidak melupakan daerah asalanya. Karena itu pasti banyak interaksi antara suku bugis makasaar dengan suku suku di tempat mereka berada. Dalam interaksi itulah terjalin keakraban.”

Read Previous

Himbauan Ketua KKSS Pusat: Mari Bergerak Menuju Kedamaian

Read Next

DPC Pospera Kutai Timur : Bersatu Itu Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *