fbpx

TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0

Dr. Muslimin, M.Si

Oleh : Dr.Muslimin, M.Si

Seiring berjalannya waktu dan perubahan jaman yang semakin berkembang dari masa ke masa di mana pola hidup dan tatanan sosial kehidupan manusia mengalami perubahan yang cukup cepat bahkan sangat cepat termasuk di dalamnya pola dan sistem pendidikan tidak luput dari perubahan itu.

Sistem pendidikan adalah strategi atau metode yang di gunakan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Bpkm.go.id,2006).

Perkembangan pendidikan di suatu negara tidak lepas dari adanya perkembangan revolusi industri yang secara tidak langsung memberikan pengaruh dimana perubahan tatanan ekonomi turut merubah tatanan pendidikan pada suatu negara.

Revolusi industri 1.0 di mulai pada abad ke 18 melalui penemuan mesin uap, Revolusi industri 2.0 terjadi pada abad 19-20 melalui penggunaan listrik, Revolusi industri 3.0 terjadi sekitar tahun 1970an melalui penggunaan komputerisasi dan Revolusi industri 4.0 yang di mulai sejak tahun 2010an melalui rekayasa intelegensia dan internet of thing sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin (prasetyo & Trisyani,2018)

Lalu bagaimana dampaknya terhadap pendidikan,,?,.Pada era di gital saat ini, informasi dan teknologi sangat memengaruhi aktivitas pendidikan secara massif di perguruan tinggi, sekolah dan lembaga lembaga pendidikan lainnya. Pendidikan mengalami disrupsi yang sangat hebat. Peran dosen atau guru yang selama ini sebagai satu satunya penyedia ilmu pengetahuan sedikit banyak bergeser menjauh darinya.

Dimasa yang akan datang peran dosen atau guru di ruang kelas akan semakin menantang dan membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi, sebab boleh jadi peserta didik akan lebih cepat mengakses informasi dan pengetahuan ketimbang dosen atau gurunya.

MANAJEMEN PENDIDIKAN DI ERA 4.0

Manajemen dalam lingkup pendidikan adalah semua aspek untuk mendayagunakan berbagai sumber (manusia, sarana, prasarana dan metode) secara optimal, relevan, efektif dan efesien guna menunjang pencapaian tujuan pendidikan, yang di dalamnya ada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, koordinasi, supervisi dan pengendalian program.

Pendidikan 4.0 merupakan istilah umum yang di pakai oleh para ahli pendidikan untuk menggambarkan beragam cara dalam mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak kedalam dunia pendidikan yang tentu merupakan lanjutan atau lompatan dari pendidikam 3.0 yang sudah menggunakan teknologi digital dan mobile dengan basis web.

Pendidikan 4.0 merupakan fenomena yang timbul sebagai respon terhadap kebutuhan revolusi industri 4.0 dimana manusia dan mesin diselaraskan untuk memperoleh solusi, memecahkan berbagai masalah yang dihadapi, serta menemukan berbagai kemungkinan inovasi baru yang dapat dimanfaatkan bagi perbaikan kehidupan manusia moderen.

Di era industri 4.0 diperlukan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif, inovatif, serta kompetitif. Hal tersebut dapat di capai dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan yang dapat menghasilkan output yang lebih baik, lulusan yang berkualitas sesuai tuntutan dunia kerja dan tuntutan teknoligi digital.

Read Previous

Walaupun Sedang Hamil, Ibu ini Tetap Mengais Sampah – Grebek Om WP

Read Next

TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0 (Bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *