fbpx

APAKAH JOKOWI AKAN MEMASANG PASAK PAKU DI KECAMATAN SEPAKU SEBAGAI PUSAT IKN DI KALTIM?

Penduduk kecamatan Sepaku per 2018 berjumlah sekitar 31.814 jiwa dengan kepadatan penduduk 27,14 jiwa per kilometer persegi.

Hari ini,17 Desember 2019,dikunjungi Presiden Jokowi dalam rangkaian kunjungan presiden ke Kalimantan Timur dalam rangka peresmian Jalan Tol Balikpapan – Samarinda,di samping peresmian TPA Manggar Balikpapan.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Kecamatan Sepaku, Panajam Paser Utara,sekaligus merupakan sinyal jawaban berbagai pertanyaan terkait dimanakah letak pusat Ibu Kota Negara (IKN) di antara dua Kabupaten yang dicangkan sebagai IKN di Kalimantan Timur,yakni Kab.Penajam Paser Utara dan Kab.Kutai Kartanegara itu.

SEPAKU,sejak tahun 1960, berada di wilayah Kotamadya Balikpapan dengan nama kecamatan Balikpapan Seberang yang terdiri dari kecamatan Sepaku dan kecamatan Penajam saat ini.

Suku asli yang mendiami kecamatan Sepaku adalah Suku Paser dan terdapat pula suku pendatang seperti Suku Jawa yang pada awalnya mengikuti program transmigrasi pada tahun 1977, 1991 dan 1998.

Daerah Sepaku (bersama dengan Penajam) kemudian diserahkan oleh Kotamadya Balikpapan kepada Kabupaten Pasir (kini Kabupaten Paser) pada tahun 1988 dan nama kecamatan Balikpapan Seberang diubah menjadi kecamatan Penajam. Demi syarat pemekaran Kabupaten Penajam Paser Utara (yang kemudian terealisasi pada tahun 2002), maka kecamatan Penajam dimekarkan menjadi kecamatan Penajam induk dan kecamatan Sepaku.

Jika Sepaku di paku menjadi Pusat Lokasi ibu kota negara ini,maka rencananya, bakal dibangun konstruksinya pada 2020. Seperti yang pernah diungkapkan secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai rapat terkait ibu kota negara baru itu.

Istana Negara di IKN pun dijadwalkan penyelesaiannya di tahun 2021 dan target seluruh pembangunan infrastruktur,selesai di tahun 2024.

CATATAN ASRI TAWANG,- Pemimpin Redaksi Mediakutim.com

Read Previous

RENCANA BERUJUNG BENCANA

Read Next

KETIKA UJIAN NASIONAL(UN) AKAN DI HAPUS,,?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *